Powered by Blogger.
RSS
Container Icon

Awas.. jangan sampai salah sentuh :)


28 Oktober 2011


Ini adalah kali pertama, PMR MAN Pajarakan melakukan kegiatan praktek di semester pertama ini. Setelah beberapa pertemuan kami hanya menerima teori maka hari ini adalah hari yang kami tunggu-tunggu untuk melakukan praktek melakukan pertolongan pertama pada korban kecelakaan.

PERTOLONGAN PERTAMA
Pertolongan pertama adalah pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit atau korban kecelakaan yang memerlukan penanganan medis dasar untuk mencegah cacat atau maut.

Tujuan kita melakukan pertolongan pertama adalah untuk menyelamatkan jiwa penderita, mencegah cacat dan memberikan rasa nyaman serta menunjang proses penyembuhan.

Pada praktek Pertolongan pertama ini kami dipandu oleh Kak Udi. Menurut Kak Udi yang harus kita lakukan sebelum memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan ialah kita harus mengenal terlebih dahulu susunan dan bentuk tubuh manusia (anatomi). Setelah kita mengenal dan paham benar dengan anatomi manusia selanjutnya barulah kita bisa melakukan penilaian pada penderita.

Saat menemukan penderita, ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk menentukan tindakan selanjutnya, baik itu untuk mengatasi situasi maupun untuk mengatasi korbannya. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan penilaian pada penderita adalah :
a. Penilaian keadaan
b. Penilaian dini
c. Pemeriksaan fisik
d. Riwayat penderita
e. Pemeriksaan berkala atau lanjut
f. Serah terima dan pelaporan

Nah, setelah mengetahui apa yang harus dilakukan, Kak Udi meminta kami untuk berpasang-pasangan, satu diantara kami menjadi penderita dan satu lainnya akan melakukan penilaian. Ini harus kami lakukan secara bergantian. Lucu dan seru juga, kami jadi tahu banyak tentang susunan dan nama-nama bagian tubuh manusia, lebih lucu lagi pada waktu melakukan penilaian, apalagi yang kena pasangan yang suka geli hehehehe...
Semoga bermanfaat!!

Berikut adalah galeri foto kami :




Fitri sedang melakukan penilaian



Kak Udi lg jelasin tg penilaian






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment